Jenjang Karir Dosen dengan Meraih Jabatan Akademik

Jenjang-Jabatan-Akademik-Dosen-ITTelkom-Jakarta

Jenjang karier dosen secara umum terdiri dari (AA) asisten ahli, (L) lektor, (LK) lektor kepala, dan profesor/guru besar. Dosen merupakan pendidik profesional yang bekerja di suatu instansi pendidikan tinggi tertentu. Dosen juga memiliki Jengjang Karir, yang dimana karir tersebut bisa didapatkan jika dosen memiliki JFA.

Jabatan Fungsional Akademik (JFA) yaitu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang dosen yang didasarkan pada keahlian tertentu yang bersifat mandiri. JFA juga merupakan langkah awal pengembangan karir yang harus diikuti serta selalu dilaksanakan oleh Dosen Muda untuk bisa mendapatkan jabatan tertinggi.

Manfaat memiliki Jabatan Akademik, Dosen bisa mendapatkan jabatan tertinggi yaitu Guru Besar, dan juga dapat menambahkan poin besar untuk dapat memajukan Instansi/Kampus. Untuk mendapatkan Jabatan Fungsional Akademik. Seorang dosen harus mengajukan penilaian angka credit dari kegiatan yang diajukan dan sesuai dengan kebutuhan tiap jenjang karir dosen. Adapun unsur kegiatan yang dinilai dapat menentukan angka credit yaitu;

  1. Melaksanakan Pendidikan/Pengajaran
  2. Melakukan Penelitian
  3. Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat
  4. Melaksanakan tugas pokok dosen
  5. Unsur Penunjang.

Manfaat lain yang didapatkan jika dosen memiliki Jabatan Tertinggi Profesr/ Guru Besar, yaitu dapat memiliki Tumpuan yang sangat berbeda sekali, ketika dosen hanya memiliki Jabatan Akademik AA, Lektor, ataupun Lektor Kepala.

jenjang-karir-dosen-ittelkom-jakarta

Syarat Utama untuk jadi Guru Besar, yaitu;

  1. Dosen dipastikan dapat mengikuti Tridharma Perguruan Tinggi sebaik-baiknya
  2. Menyelesaikan tugas beban kerja dosen dengan sebaik-baiknya
  3. Rutin naik pangkat setiap 2 tahun sekali

Adapun syarat untuk meraih jenjang jabatan akademik dosen yaitu;

  1. Asisten Ahli: Studi dosen Minimal S2, Mengajar selama 1 tahun/2 Semester, Melaporkan hasil Pengabdian Masyarakat (1x) dan memiliki Penelitian yang sudah di publish dalam jurnal apapun (1x), ke SIJALI PDDIKTI
  2. Lektor 200: Studi dosen S3, dapat langsung melaporkan/mengusulkan melalui SIJALI PDDIKTI, dengan melaporkan kegiatan Pengabdian Masyarakat (1x), an memiliki Penelitian yang sudah di publish (1x) baik secara maupun nasional.

Setelah naik pangkat menjadi Lektor 200, dosen dapat naik pangkat setiap 2 tahun sekali, dan juga dapat melakukan Loncat jabatan.  Setiap pengusulan seorang dosen harus memperhatikan Bidang Ilmu maupun Mata Kuliah yang diajukan serta karya Ilmiah yang sesuai dengan pendidikan terakhirnya.

Untuk seorang dosen yang mulai berkarir, jabatan yang dimiliki adalah Asisten Ahli. Raihlah mimpimu melalui Jenjang Karir Dosen dengan mendapatkan Jabatan Akademik, kuasai seluruh bidang Ilmu.

https://bau.ittelkom-jkt.ac.id

Credit To : Sofah Tuljannah

1)

Dosen dipastikan dapat mengikuti Tridharma Perguruan Tinggi sebaik-baiknya

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

logo-ittelkom-jkt

Kebijakan Pembayaran Registrasi Ulang

Di umumkan kepada seluruh Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Jakarta bahwa sesuai dengan kalender Akademik tahun 2022. Ujian Tengah semester Genap 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 18-29 April 2022.

Read More »
Based-Behavioral-Interview-Ittelkom-Jakarta

Behavioral Based Interview (BBI)

Hallo ITThenthic. Setelah lulus kuliah, Mahasiswa pasti identik dengan langsung mencari Pekerjaan, satu demi satu lowongan pekerjaan dari setiap perusahaan di lamar. Proses rekrutmen yang dilakukan

Read More »

UI Greenmetric 2020

UI Green Metric merupakan sebuah program yang diadakan kepada universitas untuk menilai berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap pemberdayaan lingkungan disekitar kampusnya. Program ini dibuat oleh

Read More »

No Comments on Jenjang Karir Dosen dengan Meraih Jabatan Akademik

Leave A Comment