Modus Kekerasan Seksual

Mengenal Modus-Kekerasan-Seksual-IT Telkom-Jakarta

Apa itu Kekerasan Seksual?

 Dear mahasiswa/i Institut teknologi Telkom Jakarta, seperti yang kita tahu, saat ini sedang marak-maraknya kasus pelecehan seksual di wilayah Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia. Mari kita semua mempelajari Modus kekerasan Seksual yang sering terjadi di Perguruan Tinggi, apa yang dimaksud dengan pelecehan seksual itu, bagaimana pencegahannya, dan seperti apa jenisnya. Melalui tulisan ini, semoga kita semua dapat mencegah terjadi nya pelecehan seksual yang ada di sekitar kampus kita maupun diluar kampus.

 Pelecehan dan Kekerasan Seksual Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi “Kekerasan Seksual adalah perbuatan merendahkan, menghina, melecehkan, menyerang tubuh, atau menyerang reproduksi seseorang karena ketimpangan relasi kuasa dan/atau gender, yang berakibat pada penderitaan psikis dan/atau fisik termasuk yang mengganggu kesehatan reproduksi seseorang dan hilang kesempatan melaksanakan pendidikan dengan aman dan optimal”.

 Kekerasan Seksual dapat terjadi dimana saja, kapan saja, terutama di kampus. Sehingga pentingnya SATGAS PENCEGAHAN PELECAHAN SEKSUAL di Lingkungan kampus, guna memastikan terpenuhinya hak dasar atas pendidikan yang aman bagi seluruh warga negara.  

 Maraknya kasus pelecehan dan kekerasan seksual ini sudah banyak terjadi di beberapa lembaga pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Faktor penyebab tindakan pelecehan seksual bisa dikarenakan relasi korban dan pelaku yang asimetris, seperti relasi kuasa. Relasi ini dipadang memiliki peluang untuk menyalahgunakaan kekuasaan, untuk melakukan pelecehan dan kekerasan seksual terhadap orang dibawah pengawasannya.

Bagaimana Modus Pelecehan Seksual yang Sering Terjadi?

 Dalam lingkungan perguran tinggi dosen memiliki kekuasaan terhadap mahasiswa seperti, Bimbingan dosen terhadap mahasiswa, memberikan penugasaan, dan evaluasi penilaian untuk mahasiswa .   

 Menurut Nikmatullah (2020) Motif pelaku banyak sekali jenisnya, bisa mulai dari menyapa melalu daring, seperti whatApps dan Video Call, hingga melayani nafsu. Dari menyapa kemudian dilanjutkan dengan ajakan minum di café, bahkan pelaku berani ngajak menginap di hotel atau diajak ke rumah kos.

 Sedangkan modus pelecehan seksual di akademik, pelaku biasanya memberikan tugas kepada korban, diarahkan untuk memperbaiki nilai, mengajak meninjau lokasi penelitian dan bergabung dalam projek yang dikerjakan pelaku, pada saat ada kesempatan, pelaku akan mulai melakukan aksinya, dengan berbagai bentuk. 

 Pelecehan seksual di Kampus, tidak semata dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa, beberapa kasus terjadi antara mahasiswa dan mahasiswa, atau bahkan security dan lain-nya

Bagaimana Cara Mencegah Pelecehan Seksual?

Pencegahan yang dapat dilakukan agar di daerah kampus tidak terjadi Pelecehan seksual yaitu;

    1. Kampus harus memiliki Satgat Pelecehan kekerasan Seksual
    2. Mengadakan acara seminar, tentang anti kekerasan sesksual
    3. Menyebarkan info untuk meningkatkan pemahaman kekerasan seksual
    4. Tegas terhadap orang yang membuat joke yang mengarah kepada pelecehan
    5. Memiliki pedoman pelaporan Pelecehan dan Kekerasan Seksual

Jenis Kekerasaan Seksual

Kekerasan seksual menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terbagi menjadi 4 jenis;

    1. Verbal
    2. Non fisik
    3. Fisik
    4. Daring atau melalui teknologi komunikasi

 Nah dari tulisan diatas, dapat kita simpulkan, bahwa pelecehan dapat terjadi melalui berbagai macam modus, maka untuk mahasiswa Institut Teknologi Telkom Jakarta jika kalian merasakan pelecehan seksual diwilayah/di lingkungan kampus segera laporkan kepada Satgas Pecenggahan pelecehan kekerasan seksual, jangan takut untuk memberikan laporan. Sehingga kalian dapat merasa aman dan nyaman ketika belajar di wilayah kampus.

credit by: Sofah Tuljannah

https://bau.ittelkom-jkt.ac.id/

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

bedah-buku-haemin-sunim-ittelkom-jakarta

BEDAH BUKU HAEMIN SUNIM

Halo semuanya. Perkenalkan saya sofah tuljannah, memiliki hobby membaca buku, buku-buku yang saya baca rata-rata tentang Self Improvement. Nah pada kesempatan ini. Saya akan membedah buku Haemin

Read More »
uas-semester-genap-ittelkom-jakarta

UAS Semester Genap 2022

Hai ITThentic.. Sebentar lagi menjelang UAS, meskipun UAS tidak sepusing “Tugas Akhir/Skripsi” tetapi nilai UAS sangat dan dapat mempengaruhi nilai IPK mahasiswa. eits, tapi sebelum UAS,

Read More »
Mempelajari-excel-ittelkom-jakarta

Manfaat Mempelajari Excel

Hai ITThentic, yu simak kenapa kita harus mempelajari Excel dan  Apa manfaatnya mempelajari excel untuk didunia kerja ? Ketika kita memasuki dunia kerja, skill basic yang

Read More »
WF-WFO-WFA-IT TELKOM-JAKARTA

WFH, WFO OR FWA?

Tidak pernah terbayangkan awalnya kita akan menghadapi perubahan besar dalam segala sisi kehidupan. COVID-19 yang membawa perubahan tersebut. Virus yang mulai muncul pada tahun 2019 di

Read More »
sejarah-pantai-ngobaran-ittelkom-jakarta

Sejarah Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai di dekat Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan. Pengunjung di kenakan tiket masuk Rp. 5.000 / orang termasuk ke pantai sekitarnya. Yang unik

Read More »
Mengenal Modus-Kekerasan-Seksual-IT Telkom-Jakarta

Modus Kekerasan Seksual

Apa itu Kekerasan Seksual?  Dear mahasiswa/i Institut teknologi Telkom Jakarta, seperti yang kita tahu, saat ini sedang marak-maraknya kasus pelecehan seksual di wilayah Perguruan Tinggi (PT)

Read More »

No Comments on Modus Kekerasan Seksual

Leave A Comment