BEDAH BUKU HAEMIN SUNIM

bedah-buku-haemin-sunim-ittelkom-jakarta

Halo semuanya. Perkenalkan saya sofah tuljannah, memiliki hobby membaca buku, buku-buku yang saya baca rata-rata tentang Self Improvement. Nah pada kesempatan ini. Saya akan membedah buku Haemin Sunim yang berjudul “The Things You Can See Only When You Slow Down” 

Introduction

Haemin Sunim yang berpropesi sebagai guru Agama Buddha Zen dan juga seorang penulis yang sangat memiliki pengaruh di Korea Selatan. Beliau Lahir di Korea Selatan kemudian pergi ke Amerika untuk belajar perfilman. Tetapi tanpa disangka beliau lebih tertarik pada kehidupan spiritual. Beliau juga merupakan lulusan dari UC Berkeley, Harvard dan juga Pricenton.

Sebagai seorang biksu Zen, dan Mantan dosen disebuah perguruan tinggi liberal art di Massachusetts, Haemin Sunim sering sekali dimintai saran untuk menghadapi tangtangan kehidupan. Pesan-pesan sederhana yang beliau berikan mampu mengilhami banyak orang dan dapat membantu mereka menghadapi masa sulitnya.

Tulisan beliau akhirnya dijadikan buku yang berjudul “The Things You Can See Only When You Slow Down” terbit di korea selatan dan buku ini merupakan buku paling laris selama 41 Minggu.

Halo semuanya. Perkenalkan saya sofah tuljannah, memiliki hobby membaca buku, buku-buku yang saya baca rata-rata tentang Self Improvement. Nah pada kesempatan ini. Saya akan membedah buku yang berjudul “The Things You Can See Only When You Slow Down” by Haemin Sunim.

Yuk kita simak, Insight apa yang kita dapatkan didalam buku tersebut:

Buku ini terdiri dari 8 Bab:

  • Bab 1 yang berjudul Istirahat: Ketika Batin Kita beristirahat, dunia juga ikut beristirahat, dalam bukunya Haemin Sunim, jika kita sedang dalam pikiran negatif, merasa lelah, bingung dan gundah, maka tidur lah yang nyenyak, istirahat sejenak. Dan memulailah bangun dengan keadaan yang lebih damai dan tenang.
  • Bab 2 yang berjudul Kebersadaran: Ketika kita menilai orang lain tulus dan penuh kasih sayang, itu karena kita sendiri juga merupakan orang yang tulus dan penuh kasih sayang.
  • Bab 3 yang berjudul Gairah: Kedewasaan dibentuk dari pengalaman, ketika kita ingin bahagia, jangan pedulikan apa yang dunia tawarkan kepada kita agar merasa bahagia, Haemin Sunim mengajarkan kita untuk jujur kepada diri sendiri dan temukan apa yang sebenernya kita inginkan.
  • Bab 4 yang berjudul Hubungan: Seni membina hubungan baik seperti duduk didepan perapian, artinya jika kita terlalu dekat dan menempel maka akan merasa kepanasan dan terbakar tetapi jika jarak kita terlalu jauh kita tidak bisa merasakan kehangatan.
  • Bab 5 yang berjudul Cinta: Dalam bukunya Haemin Sunim mengatakan, untuk bisa memasak enak kita butuh waktu agar bumbunya bisa meresap, begitu juga dengan hubungan tahan lama, kita butuh waktu agar bisa saling percaya.
  • Bab 6 yang berjudul Kehidupan: kata Haemin Sunim hidup seperti sepotong piza terlihat enak dan lezat jika didalam iklan, tapi ketika memakannya, rasanya tidak seenak yang kita bayangkan. Begitu juga ketika kita melihat hidup orang lain, seperti merasa bahagia, tanpa kita tahu keadaan di belakangnya seperti apa
  • Bab 7 yang berjudul Masa Depan: Jangan terlalu sering menolak banyak kesempatan, ketika banyak sekali yang harus di persiapkan dimasa depan, tentunya harus siap menjalani tangtangan.
  • Bab 8 yang berjudul Spiritualis: Haemin Sunim mengajak kita untuk menumbuhkan tiga macam kecerdasaan untuk kesehataan kita, yaitu kecerdasaaan kritis, emosional, dan spritual. Jika salah satunya di kesampingankan maka pertumbuhan dua kecerdasaaan lainnya akan terhambat
j

Itulah beberapa potongan kalimat yang menurut ku relate dengan kehidupan ini, dan masih banyak lagi kalimat-kalimat yang membuat kita menjadi sadar, tentang menjalani hidup yang serba cepat ini. Banyak sekali ilmu yang bisa kita ambil dari bedah buku Haemin Sunim, kita diajarkan untuk tetap tentang, dan selalu berpikir jernih dan positif, ketika menghadapi segala sesuatu yang membuat kita gampang emosi, cape dll. Buku ini cocok banget dibaca sama kamu yang sedang dan terus belajar meningkatkan kualitas diri. Dari buku ini, kita bisa mengetahui tindakan seperti apa yang harus aku lakukan ketika hidup ini sedang tidak baik-baik saja.

bedah-buku-haemin-sunim-ittelkom-jakarta

Bedah Buku Haemin Sunim semoga bisa membawa banyak manfaat, bagi yang belum baca bukunya, bisa di pinjam di Kampus ITTelkom jakarta ya. Buku Haemin Sunim buku yang sangat Inspiratif, ditambah lagi banyak gambar-gamabr yang iconic seperti memiliki makna-makna didalam-nya.

Tunggu artikel Bedah Buku Selanjutnya

See u

By: Sofah Tj

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

bedah-buku-haemin-sunim-ittelkom-jakarta

BEDAH BUKU HAEMIN SUNIM

Halo semuanya. Perkenalkan saya sofah tuljannah, memiliki hobby membaca buku, buku-buku yang saya baca rata-rata tentang Self Improvement. Nah pada kesempatan ini. Saya akan membedah buku Haemin

Read More »
uas-semester-genap-ittelkom-jakarta

UAS Semester Genap 2022

Hai ITThentic.. Sebentar lagi menjelang UAS, meskipun UAS tidak sepusing “Tugas Akhir/Skripsi” tetapi nilai UAS sangat dan dapat mempengaruhi nilai IPK mahasiswa. eits, tapi sebelum UAS,

Read More »
Mempelajari-excel-ittelkom-jakarta

Manfaat Mempelajari Excel

Hai ITThentic, yu simak kenapa kita harus mempelajari Excel dan  Apa manfaatnya mempelajari excel untuk didunia kerja ? Ketika kita memasuki dunia kerja, skill basic yang

Read More »
WF-WFO-WFA-IT TELKOM-JAKARTA

WFH, WFO OR FWA?

Tidak pernah terbayangkan awalnya kita akan menghadapi perubahan besar dalam segala sisi kehidupan. COVID-19 yang membawa perubahan tersebut. Virus yang mulai muncul pada tahun 2019 di

Read More »
sejarah-pantai-ngobaran-ittelkom-jakarta

Sejarah Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai di dekat Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan. Pengunjung di kenakan tiket masuk Rp. 5.000 / orang termasuk ke pantai sekitarnya. Yang unik

Read More »
Mengenal Modus-Kekerasan-Seksual-IT Telkom-Jakarta

Modus Kekerasan Seksual

Apa itu Kekerasan Seksual?  Dear mahasiswa/i Institut teknologi Telkom Jakarta, seperti yang kita tahu, saat ini sedang marak-maraknya kasus pelecehan seksual di wilayah Perguruan Tinggi (PT)

Read More »

No Comments on BEDAH BUKU HAEMIN SUNIM

Leave A Comment