Bedah Buku Richard Carlson

Bedah-Buku-Richard-Carlson

Part 1.

Halo semuanya, kembali lagi dengan saya Sofah Tuljannah, pada kesempataan ini saya akan membedah buku Richard Carlson yang berjudul “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar”. Dari judulnya sudah menarik ya teman-teman, seperti relate dengan kehidupan pribadi. Sebelum memulai bedah buku Richard Carlson kita kenalan dulu yu, siapa sih Richard Carslon itu?

Tentang Richard Carslon

Richard Carlson seorang penulis buku sekaligus motivator yang berasal dari Amerika Serikat, beliau sering di undang sebagai pembicara pada beberapa program seperti radio, dan tv. Beliau merupakan seorang penulis buku-buku best seller, karya beliau yang sangat terkenal di New York Time yaitu Don’t Sweat the Small Stuff (Jangan membuat kecil jadi masalah besar), selain itu ada beberapa karyanya juga yang best seller seperti, Don’t Sweat the Small Stuff about Money, Don’t Sweat the Small Stuff at Work, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari hasil karya yang diterbitkan, Richard Carlson ini seperti orang yang sangat paham akan permasalahan hidup, seperti semuanya sudah pernah beliau lalui, sehingga tidak aneh lagi Richard Carlson dikenal sebagai orang yang membantu para pembacanya untuk menghadapi berbagai macam masalah melalui buku yang beliau tulis.

Waktunya Bedah Buku Richard Carlson, kira-kira Insight apa yang didapat dari bukunya beliau:

Buku ini terdiri dari 100 Judul Bab, dan 100 Judul ini benar-benar sangat relate pada kehidupan kita. Disini saya akan menjelaskan beberapa judul yang sering terjadi di sekitar kita.

Yang pertama, Jangan memusingkan hal-hal kecil: contoh sederhana dalam bab ini yaitu bila kita sedang berkendara baik menjalankan sepeda motor atau mobil, pasti selalu ada kejadian, yang dimana, ada saja kendara lain yang tiba-tiba menyelip kesebalah kanan atau sebelah kiri tanpa menggunakan lampu sen, dan pasti ketika kita melihat hal tersebut tumbuhlah rasa emosi, dan kita merasa bahwa dalam keadaan seperti itu kita berhak untuk marah. Bahkan kita meluapkan amarah itu dengan bercerita ke orang lain.

Dalam kejadian tersebut Richard Carlson memberikan solusi seperti ini; “Mengapa kita tidak biarkan saja orang itu, bisa saja orang itu malah dapat kecelakaan di tempat lain? Cobalah untuk bersimpati dan bayangkan betapa menegangkannya berada dalam keadaan tergesa-gesa, dengan cara tersebut Richard Carlson bilang, “banyak hal-hal kecil yang serupa di setiap hari nya dalam hidup kita”, berhenti memusingkan hal-hal kecil, energi yang kita miliki akan lebih bermanfaat bila digunakan menjadi orang yang baik hati dan lebih lemah lembut.

Yang kedua, Berbuat baiklah pada orang lain, dan jangan ceritakan pada siapa pun mengenainya: ketika saya baca bab ini, yang benar-benar relate dengan kehidupan sehari-hari. Saya mengingat salah satu kenalan saya, beliau sering sekali menyebut dirinya baik, dan menceritakan segala kebaikannya kepada kita teman-temanya. Kebaikan hati kita kepada orang lain membuat kita merasa ingin diperlakukan baik, dan merasa kita ini orang yang penuh perhatian. Tetapi dalam bukunya Richard Carlson bahwa “Perbuatan baik pasti sangat menyenangkan, tetapi akan sangat luar biasa menyenangkan apabila kita melakukan hal-hal seperti itu tidak menceritakannya kesiapa pun. Perasaan positif itu bisa kita simpan untuk diri kita sendiri dari pada menceritakannya ke orang lain. Orang yang ingin memberi seharusnya memang ingin memberi bukan menerima balasan atas apa yang dilakukan. Jika kita menceritakan kebaikan kita kepada orang lain, balasan yang kita dapatkan adalah perasaan hangat yang timbul damai dan nyaman.”

Untuk Bedah Buku Richard Carlson sampai disini dulu ya teman-teman, kita akan lanjut di Part Ke 2

Credit by: Sofah Tj.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

Penyusunan-Kontrak-Manajemen-IT Telkom-Jakarta

Penyusunan Kontrak Manajemen

Kamis, 17 November 2022. Institut Teknologi Telkom Jakarta, kedatangan tamu dari Telkom University dan Yayasan Pendidikan Telkom. Maksud dan tujuan dari kedatangan ini yaitu untuk berdiskusi

Read More »
Pelaporan-Beban Kerja-Dosen-ITTelkom-Jakarta

PELAPORAN BEBAN KERJA DOSEN

Apa itu BKD? Beban Kerja Dosen atau yang bisa disingkat BKD, merupakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Sebelum masuk kepenjelasan kenapa harus melakukan pelaporan Beban Kerja Dosen,

Read More »
pahlawanku-guruku-teladanku

Pahlawanku Guruku Teladanku

Puncak pertempuran sengit yang terjadi selama -+3 Minggu di Surabaya kala itu melawan para penjajah, tepatnya 10 November 1945. Pertempuran Surabaya yang awalnya kedatangan tentara Sekutu

Read More »
Bedah-Buku-Richard-Carlson

Bedah Buku Richard Carlson

Part 1. Halo semuanya, kembali lagi dengan saya Sofah Tuljannah, pada kesempataan ini saya akan membedah buku Richard Carlson yang berjudul “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi

Read More »

No Comments on Bedah Buku Richard Carlson

Leave A Comment