Behavioral Based Interview (BBI)

Based-Behavioral-Interview-Ittelkom-Jakarta

Hallo ITThenthic.

Setelah lulus kuliah, Mahasiswa pasti identik dengan langsung mencari Pekerjaan, satu demi satu lowongan pekerjaan dari setiap perusahaan di lamar. Proses rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan seperti terlihat sederhana, contohnya; Seleksi Administrasi – Test Potensi Akademik – Wawancara – Test Kesehatan. Semua itu seperti mudah di lalui, terutama ketika seleksi administrasi, dan tes potensi akademik lolos dan menuju ke tes selanjutnya yaitu wawancara.

Setiap perusahaan yang melakukan kampanye rekrutmen, pasti akan melibatkan proses wawancara untuk menelaah/melihat apakah kandidat potensial dan cocok dengan pekerjaan dan kultur kerja yang berlaku di perusahaan.

Lalu, bagaimana proses wawancara itu? dan bagaimana recruiter menilainya sehingga, dapat terpilih menjadi kandidat yang sesuai.

Behavioral Based Interview (BBI) / wawancara perilaku sebuah gagasan bahwa perilaku di masa lalu dapat memprediksi tindakan di masa depan. Dengan adanya wawancara ini recruiter dapat mengetahui seberapa baik dan berpotensi seorang kandidat di perusahaan sebelumnya untuk dapat melakukan peran di posisi baru.

Jenis-Jenis pertanyaan BBI yang dapat dipelajari ;

  • Hipothectical Questions; Bertujuan untuk memahami pola pikir seseorang, coontoh pertanyaan, Jika anda mendapatkan keluhan dari rekan kerja apa yang anda lakukan untuk menghadapi persoalan tersebut?
  • Biographical Questions; Berupa pertanyaan pembukaan yang umum seperti bertanya pengalaman di masa lalu, contoh nya, Berapa banyak organisasi yang kamu ikuti di kampus?/projek apa saja yang pernah di ikuti?
  • Behavioral Questions; Pertanyaan mengacu pada kompetensi atau tindakan upaya yang akan dilakukan, contoh, Bagaimana respon Anda ketika menghadapi rekan kelompok yang sering tidak hadir saat rapat?

Pertanyaan yang ada di BBI mengarahkan kepada kandidat untuk dapat berpikir, sehinga dalam wawancara ini recruiter dapat mengetahui motivasi dan dorongan para kandidat untuk bekerja dan cocok atau tidaknya dengan kultur perusahaan.

Pertanyaan pada Behavioral based Interview dapat mengarah juga pada situasi terberat seperti situasi kegagagalan yang dihadapi oleh kandidat dimasa lalu dan bagaiaman cara menghadapinya. Atau pertanyaan sederhana mengenai cara mengatasi rekan kerja yang tidak menyukainya.

BBI Memiliki prinsip P.R.O.B.E dimana setiap pertanyaan tidak jauh dari Problem, Role, Objective & Effective, seorang kandidat.

Itulah sedikit informasi mengenai proses wawancara, untuk Mahasiswa yang ingin lolos test bisa dipelajari dan research pertanyaan-pertanyaan, yang memiliki unsur PROBE, dan pelajari bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan benar. Good Luck ITThentic

https://bau.ittelkom-jkt.ac.id

Credit To: Sofah Tuljannah

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

Penyusunan-Kontrak-Manajemen-IT Telkom-Jakarta

Penyusunan Kontrak Manajemen

Kamis, 17 November 2022. Institut Teknologi Telkom Jakarta, kedatangan tamu dari Telkom University dan Yayasan Pendidikan Telkom. Maksud dan tujuan dari kedatangan ini yaitu untuk berdiskusi

Read More »
Pelaporan-Beban Kerja-Dosen-ITTelkom-Jakarta

PELAPORAN BEBAN KERJA DOSEN

Apa itu BKD? Beban Kerja Dosen atau yang bisa disingkat BKD, merupakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Sebelum masuk kepenjelasan kenapa harus melakukan pelaporan Beban Kerja Dosen,

Read More »
pahlawanku-guruku-teladanku

Pahlawanku Guruku Teladanku

Puncak pertempuran sengit yang terjadi selama -+3 Minggu di Surabaya kala itu melawan para penjajah, tepatnya 10 November 1945. Pertempuran Surabaya yang awalnya kedatangan tentara Sekutu

Read More »
Bedah-Buku-Richard-Carlson

Bedah Buku Richard Carlson

Part 1. Halo semuanya, kembali lagi dengan saya Sofah Tuljannah, pada kesempataan ini saya akan membedah buku Richard Carlson yang berjudul “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi

Read More »

No Comments on Behavioral Based Interview (BBI)

Leave A Comment