Pahlawanku Guruku Teladanku

pahlawanku-guruku-teladanku

Puncak pertempuran sengit yang terjadi selama -+3 Minggu di Surabaya kala itu melawan para penjajah, tepatnya 10 November 1945. Pertempuran Surabaya yang awalnya kedatangan tentara Sekutu di Tanjung Perak pada tanggal 25 Oktober 1945. Tentara Sekutu tergabung dalam Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI) yang dipimpin oleh Jenderal AWS Mallaby.

Kedatangan tentara Sekutu itu bertujuan melucuti senjata para tentara penjajah (Jepang) yang kalah dalam Perang Dunia ke- II. Tentara Sekutu juga ditugaskan untuk membebaskan para tawanan perang yang ditahan di penjara Kalisosok Surabaya.

24 ribu tentara Sekutu (Belanda) ditugaskan untuk menggempur habis Surabaya. Ditambah dengan peralatan perang sangat lengkap mulai dari tank, kapal perang, hingga pesawat tempur dikerahkan.

Bung Tomo dengan teriakan takbir (Allahuakbar) menjadi salah satu tokoh pemicu dalam peristiwa Pertempuran di Surabaya. Beliau membakar bara semangat  rakyat Surabaya melalui stasiun radio yang akhirnya, meletuslah pertempuran antara rakyat Surabaya melawan penjajah pada 10 November 1945.

Sebanyak 20 ribu rakyat Surabaya menjadi korban dan 150 ribu lainnya terpaksa meninggalkan kota tersebut. Dari pihak Inggris, sebanyak 1.600 prajurit tewas, hilang, dan luka-luka serta puluhan alat perangnya rusak hingga hancur.

Hingga kini, peristiwa tersebut dikenal sebagai Hari Pahlawan dan diperingati setiap tahunnya. Surabaya juga disematkan sebagai Kota Pahlawan akibat insiden itu.

Selamat Hari Pahlawan 2022.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.

Dewasa ini, tugas kita sebagai regenerasi bangsa, bukan peluru perang yang kita tembakan, bukan juga kendaraan tank tempur yang kita gulirkan, namun tugas kita adalah bagi pelajar misalnya adalah salah satunya dengan belajar dengan giat, setelah itu ilmu yang kita miliki bisa di sharing knowledge bagi masyarakat luas.

Jika scope-nya lebih luas ke Pemerintah, 2 hal utama bisa difokuskan ke bidang kesehatan dan pendidikan bagi warganya, karena saat ini terlihat 2 bidang tersebut di bidang kesehatan tidak semuanya dapat fasilitas dan pelayanan yang sama antara bagi yang punya dana dan tidak.

Kemudian di bidang pendidikan, pemerintah dapat diberikan masukannya dengan diperluas program beasiswa dimana para harapan bangsa selanjutnya, bisa meneruskan cita-cita para pahlawan bangsa yang telah dulu mengorbankan jiwa dan raganya.

Demikian goresan kecil ini ditulis dari balik bilik bambu.

Jalan-jalan ke kota Pelajar

Jangan lupa borong buku

Selamat hari pahlawan YPT Group tercinta

Sehat selalu Pahlawanku Guruku Teladanku

#SehatSemangatBahagia

created by : Ahmad Fauzi Maryadi

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

Penyusunan-Kontrak-Manajemen-IT Telkom-Jakarta

Penyusunan Kontrak Manajemen

Kamis, 17 November 2022. Institut Teknologi Telkom Jakarta, kedatangan tamu dari Telkom University dan Yayasan Pendidikan Telkom. Maksud dan tujuan dari kedatangan ini yaitu untuk berdiskusi

Read More »
Pelaporan-Beban Kerja-Dosen-ITTelkom-Jakarta

PELAPORAN BEBAN KERJA DOSEN

Apa itu BKD? Beban Kerja Dosen atau yang bisa disingkat BKD, merupakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Sebelum masuk kepenjelasan kenapa harus melakukan pelaporan Beban Kerja Dosen,

Read More »
pahlawanku-guruku-teladanku

Pahlawanku Guruku Teladanku

Puncak pertempuran sengit yang terjadi selama -+3 Minggu di Surabaya kala itu melawan para penjajah, tepatnya 10 November 1945. Pertempuran Surabaya yang awalnya kedatangan tentara Sekutu

Read More »
Bedah-Buku-Richard-Carlson

Bedah Buku Richard Carlson

Part 1. Halo semuanya, kembali lagi dengan saya Sofah Tuljannah, pada kesempataan ini saya akan membedah buku Richard Carlson yang berjudul “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi

Read More »

No Comments on Pahlawanku Guruku Teladanku

Leave A Comment